Jumat, 06 Mei 2016

Long Weekend di Bandung: Ada Apa dengan Civil War?

Kamis kemarin, aku berangkat ke Bandung pukul 11.30. Di halte Bis BNI Dramaga, petugasnya bilang kalau penumpang yang dari pagi ke situ ngga terangkut karena bis MGI yang sudah penuh dari Leuwiliang. Aduh. Udah takut bakalan ngga kebagian seat juga tuh. Tapi Alhamdulillah dapet juga pada pukul 12.00.

Seperti biasa jalanan Dramaga macet, sampai ke Tol Sentul pun masih macet. Tapi itu belum seberapa, saudara-saudara. Di Tol Cikampek macetnya luaaaarrrrr biasa! Pukul 15.21 di km35, satu jam kemudian masih di km50. Yasalaaaaam... Itu saking betenya, aku sampai nangis kemarin. Hahahaha... Cemen ya? Tapi beneran lho macetnya. Bahkan tol yang ke arah Jakarta, satu dari empat ruasnya dialihkan untuk kendaraan yang ke arah Bandung (ini apa ya istilahnya kalau di lalu lintas?). Nggak kebayang deh kalau nanti ikut Santo mudik ke Yogya... (Esambot visioner sekali).

And you know what? Santo udah beli tiket nonton Captain America: Civil War di Blitz PVJ untuk pukul 19.00. Aduuuh... Makin bete kan sama jalanannya. Macetnya booo luar biasa, ya sebenernya bisa sih namanya juga long weekend. Tapi kan... O iya by the way, aku bersyukur banget dalam hal ini punya pacar kayak Santo. Yang sabar banget nungguin, rela ngantri tiket duluan padahal baru pulang lembur ngelab.

Saat kami sadar kalau kemungkinan besar telat banget tiba di Bandungnya, dia udah pasrah banget tuh. Tiketnya udah mau disimpen aja. Katanya mau ditunjukin ke anak cucu nanti, bahwa zaman dulu mau nonton aja harus matching-in jadwal dari jauh-jauh hari, harus ngantri panjang di bioskop dari jam 10 pagi, tapi akhirnya batal juga karena macet. Ahahahaha... Tapi kan sayang banget ya? Jadi dari pada ngga terpakai gitu, akhirnya aku tawarkan untuk dipakai oleh teman, eh dia mau. Alhamdulillah. Jadi ngga mubazir kan ya?

Setelah mengikhlaskan tiket itu (halah...), rasanya jalan tol jadi lengang, apa lagi pas masuk tol Cipularang. Sepi! Mau salto pun bisa. Ahahaha... Lebay ya? Emang kendaraan yang ke Bandung ternyata ngga membludak banget sih. Pas keluar dari Pasir Koja juga ga macet. Alhamdulillah Bogor-Bandung ditempuh dalam waktu tujuh jam saja, saudara-saudara! Gila ya?

Terus kemarin ke mana aja? Kamisnya ngga ke mana-mana. Jumat juga baru nonton malem. Santo sih udah ngantri sejak siang. Tapi aku baru diajak jalan malemnya karena siang maceeeetttt banget katanya. Jadi semalam kita nonton dua film sekaligus, yaitu Ada Apa Dengan Cinta 2 (#AADC2), dilanjutkan dengan Captain America: Civil War. Keduanya bagus banget!!

Film #AADC2 memang termasuk film 2016 yang paling aku tunggu. Ya gimana nggak coba? Promosinya aja lama banget. Ada setahunan ke belakang kali ya, sejak sebelum syuting dimulai. Bayangun coba, AADC (2002) kala itu berhasil menyedot 2,7 juta penonton. Pasti masih banyak yang baper deh walaupun sudah 14 tahun lewat. Dibuatnya sekuel film ini, bikin aku keinget sama trilogi Before (Before Sunrise, Before Sunset, dan Before Midnight) yang dibintangi oleh Ethan Hawke. Ketiga film tersebut kan dibuat dengan jarak tahunan, di mana setiap karakter ikut menua tapi masih mempertahankan chemistry-nya. Ngobrol santai tapi bikin kita terbawa suasana. Nah, dengan pemberitaan seputar proses pembuatan film AADC2 yang menurutku di-blow up banget, aku udah siap-siap tuh, seandainya film ini ternyata nggak sekeren yang dibayangkan orang. Udah ngga berani berkespektasi yang macem-macem. Habis keren banget sih!

Lalu gimana eksekusinya? Ah film ini bagus banget, guys! Menurut ku sih jalan ceritanya nggak terlalu dalem. Lebih ke memuaskan kangennya fans AADC. Genk Cinta terlihat matang dan fabulous di usianya: Cinta masih perfeksionis, sok tau, super cantik, dan belum bisa move on; Milly yang sedang hamil masih suka lemot tapi tetap imut (and guess with whom she was married? Ini kocak banget asli! Hahahaha...); Maura seperti yang dibilang oleh Latif (temen Kosan ku yang paling cantik), jadi super cantik! Nah satu lagi si Karmen, aduuuuhhh Mbak Adinia Wirasti ini seksi bangeeeetttttt, ototnya bagus, dan kulitnya yang tanned bikin makin eksotis. Serius deh.

Terus ada apa dengan Rangga? Si Rangga kesayangan kita semua, walaupun udah lumayan mapan hidup di New York ternyata masih memasang wajah dengan beban hidup paling berat di dunia. Aduh maaaas, muka galau gitu aja gantengnya tetap luar bisa. Puisi-puisi buatan Aan (maaf, Mas, saya lupa nama belakangnya) yang mengisi film ini sukses bikin baper deh. Aku ngga kuaaaat... Sayangnya setiap aku bilang "Rangga, kamu ganteng banget...", Santo akan selalu mrnjawab "ketekin juga nih!" Hahahahaha...

Balik lagi ke ceritanya ya, menurutku ngga terlalu dalem, tapi banyak kejutan kecil, jokes sederhana tapi lucu, kebiasaan Cinta yang gengsinya segede gaban, perfeksionis sehingga selalu (atau terlalu) berusaha memperbaiki kesalahan yang dia buat, dan Rangga yang keliatannya keras kepala tapi selalu bikin Cinta penonton di studio meleleh, semua itu dibalut dalam kemasan yang apik. Obrolan sehari-hari, percakapan antar sahabat, cinta lama yang belum kelar, yang sebenarnya adalah cerita cinta yang sederhana tapi eksekusinya luar biasa. Keren banget deh Riri Riza emang! Dan pastinya film ini pasti adalah kerjasama seluruh tim yang ngga kalah luar biasa, ya.

Aku boleh spoiler ngga sih? Hahahha... Pokoknya kalian para cewek penggemar AADC1, nonton deh film ini. Inget ngga waktu pertama kali Cinta diajak ke cafe oleh Rangga, sampai dia bilang ke Alya kalau mau pergi ke dokter? Dia bolak-balik kan tuh fitting baju, ga mau keliatan menor tapi pengen keliatan cantik. Nah di AADC juga gitu tuh. Pakai lipstick (yang pasti dari L'oreal), hapus lagi, pakai lagi. Ahahaha... Tipikalnya Cinta yang perfeksionis, jaim banget, pura-pura ngga mau padahal kepengen banget, dan pasti wajah Dian Sastro yang mungkin pakai formalin biar cantiknya awet inilah yang bikin para cowok pasti meleleh. Walaupun bentar-bentar si Cinta minum aqua, dan menggunakan beberapa produk sponsor lainnya, tetep aja jalan cerita kelihatan smooth. Alam Yogyakarta ditampilkan dengan sangat baik sehingga semua orang yang pernah ke sana pasti kangen luar biasa. Seniman-seniman lokal yang mengisi film tersebut bikin kita makin bangga sama Indonesia ngga sih? Ditambah lagi dengan musik dan soundtrack gubahan melly Goeslaw dan Anto Hoed, sukses deh bikin baper!!

Walaupun endingnya lumayan ketebak, tapi gapapa. Justru aku sangat menikmati setiap bagian kok. Dari awal udah smooth tapi ngga bikin ngantuk. Wajar banget kalau dalam waktu hanya 8 hari penayangan, film ini berhasil meraup dua juga penonton. Dan ngga heran kalau nantinya banyak penghargaan yang akan diperoleh.
Favorite lines:
"Meriang, aku meriang. Kau yang panas di kening, kau yang dingin dikenang." -Rangga
"Hidup itu hanya sekali. Dan saya tidak bisa membayangkan bagaimana hidup saya jika tanpa kamu." -Cinta

Lalu gimana dengan Captain America: Civil War? Apakah setelah #terAADC terus aku jadi males nonton film Marvel yang satu ini? Noooooo. Aku bahkan dengan senang hati akan sangat bersedia kalau ada yang ngajakin nonton film ini lagi. Hahahhaa... Yang hobi nonton pasti masih hangat banget kan di kepala, gimana kesannya saat nonton Batman VS Superman: Dawn of Justice beberapa bulan yang lalu? Nah, beda banget nih after effect yang dihasilkan oleh Civil War. Asli. Aku sih walaupun dalam hati masih tetap #TeamRangga, tapi untuk Civil War, I stand on Ironman's side. Yes, I'm #TeamIronMan. Bayangin doooong, Om RDJ yang usianya udah lewat setengah abad gitu masih ngga kalah pesonanya dengan Chris Evans. Karakter Tony Stark yang biasanya songong dan semaunya sendiri, bikin salah, menyesal, tapi diulangi lagi, jadi berbeda di film ini. Dia justru paling mellow, paling rasional, dan paling taat aturan. Jalan ceritanya keren, plotnya walaupun maju mundur tapi ngga bikin bingung, banyak adegan laga yang ditampilkan dalam jarak dekat, iiihh keren bangeeettt! Semua pendukung di film itu juga keren. Jadi walaupun nggak ada Abang Loki, aku tetap merasa film ini jauh lebih keren dibandingkan dengan The Avengers: Age of Ultron.
Favorite line? Ya dari Tony Stark dooong, "I'm doing what has to be done to stop something worse."

After all, malam yang super keren itu ngga akan terjadi kalau pacar kesayangan ngga meluangkan waktu-istirahatnya sama aku. Yes, I had a super quality time with you last night. Aku nyesel sih sempat ngambek pas di perjalanan, padahal macet juga bukan gara-gara dia. Sementara, selama di Bandung dia super duper sabar dan baik banget. Padahal dia lagi sakit. Sampai kita pisah di Terminal Leuwipanjang tadi (iya dia mau balik ke Jakarta, aku ke Bogor), dia masih sabaaaar banget. I can't imagine of having someone better than you, Mas. :)

2 komentar:

  1. Mbot.. Mending thesis nya dikerjain loh yaaa... Hehe

    BalasHapus
  2. Mbot.. Mending thesis nya dikerjain loh yaaa... Hehe

    BalasHapus