Senin, 24 Oktober 2016

Bagaimana Cara Memahami Artikel Ilmiah yang Kita Baca? Part 2



Beberapa bulan yang lalu aku pernah nge-share di sini tentang bagaimana cara mamahami artikel ilmiah yang kita baca. Pada tulisan kali ini, aku mau kasih contoh dari hasil artikel yang sudah aku ringkas ya. Sebenarnya tulisan ini merupakan sebagian dari tugas Metode Ilmiah, salah satu mata kuliah wajib di Prodi Biosains Hewan IPB.



Artikel yang aku bahas kali ini adalah:

Jadi, remember this six questions below when you read a scientific paper:

1. Apa yang diketahui orang lain?
Biasanya jawaban untuk pertanyaan ini sebagian besar ada di bagian pendahuluan.

Informasi yang sudah diketahui orang sampai tahun 1998
 
2. Apa yang diketahui penulis tapi tidak diketahui orang lain?

Hal yang diketahui oleh Suryawan et al. tapi tidak diketahui oleh orang lain
3. Apa model yang penulis ajukan? 
Model yang diajukan oleh Suryawan et al.

4. Apa prediksi penulis?

Prediksi Suryawan et al.

5. Eksperimen apa yang memberi data bagi penulis?
Nah kalau bagian ini jelas ya, ada di bagian Materials and Methods biasanya.


1

2
3
4

5 eksperimen yang memberi data pada Suryawan et al



6. Bagaimana penulis menjelaskan apa yang diketahuinya?
Jawaban dari pertanyaan ini biasanya bisa ditemukan di bagian pembahasan.
 
Bagaimana Suryawan et al.menjelaskan apa yang mereka ketahui
Baiklah, kira-kira begitulah yang aku dapet dari kuliah Babeh waktu itu. Gimana, sekarang baca jurnal jadi terasa mudah dan menyenangkan, bukan? I hope you enjoy the entry as much as I enjoyed writing it. Selamat membaca artikel ilmiahmu. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar